11 Januari 2009

Tema: Spiritual
Judul: Rahasia Sholat Shubuh

oleh: Dewi Tri Anisa/x-6/10

RAHASIA SHOLAT SHUBUH

Dalam agama Islam ibadah yang utama adalah sholat. Sholat wajib terdiri dari 5 waktu yaitu: sholat shubuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya’. Tetapi sholat shubuh lain dari sholat wajib yang lainnya, sholat shubuh mempunyai banyak rahasia dan sejuta misteri didalamnya.

Sebelum sholat shubuh ada Qobliyah Shubuh yaitu sholat sunnah 2 rakaat. Nabi Muhammad SAW sangat mencintai perbuatan tersebut. Nabi bersabda: “Aku sungguh mencintai 2 rakat tersebut daripada seluruh dunia dan isinya.” (HR. muslim)

Keutamaan sholat shubuh adalah sebagai sebab masuk surga dan dijatuhkan dari siksa api neraka. Sholat shubuh begitu menakjubkan karena disaksikan oleh malaikat-malaikat ALLAH, (QS. 17:7). Sholat shubuh disebut juga Quranul Fajr karena bacaan sholat shubuh lebih panjang dari bacaan sholat yang lainnya.

Sholat shubuh mempunyai banyak keistimewaan selain sebagai jembatan masuk surga dan dihindarkan dari api neraka, menurut beberapa sumber refensi shahih ciri khas sholat shubuh adalah: dia dapat menyegarkan dan memperbarui keimanan, menghidupkan hati, melapangkan dada, membuat jiwa penuh dengan kebahagiaan serta menjadikan berat timbangan amal kebaikan.

Betapa mulianya bagi orang-orang yang yang menjalankan sholat dan taat kepada Allah.
Semoga kita menjadi orang-orang yang beriman dan selalu dalam lindungan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar