11 Januari 2009

Keutamaan Sholat Dhuha

Oleh :Syah Ryan R.H.(X-6/36)
tema:spiritual

Didalam Surah Adh-Dhuha Allah swt bersumpah dengan waktu dhuha dan waktu malam: “Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi.” (QS. 93:1-2). Pernahkah terlintas dalam benak kita mengapa Allah swt sampai bersumpah pada kedua waktu itu?. Beberapa ahli tafsir berpendapat bahwa kedua waktu itu adalah waktu yang utama paling dalam setiap harinya.

Pada waktu itulah Allah swt sangat memperhatikan hambaNya yang paling getol mendekatkan diri kepadaNya. Ditengah malam yang sunyi, dimana orang-orang sedang tidur nyenyak tetapi hamba Allah yang pintar mengambil kesempatan disa’at itu dengan bermujahadah melawan kantuk dan dinginnya malam dan air wudhu’, bangun untuk menghadap Khaliqnya, tidak lain hanya untuk mendekatkan diri kepadanya.
Demikian juga dengan waktu dhuha, dimana orang-orang sibuk dengan kehidupan duniawinya dan mereka yang tahu pasti akan meninggalkannya sebentar untuk
kembali mengingat Allah swt, sebagaimana yang dikatakan oleh sahabat Zaid bin Arqam ra ketika beliau melihat orang-orang yang sedang melaksanakan shalat dhuha: “Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat itu dilain sa’at ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: “Shalat dhuha itu (shalatul awwabin) shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim).

Lantas bagaimana tidak senang Allah dengan seorang hamba yang seperti ini, sebagaimana janjiNya: “Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah Kepada Allah
dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (QS. 5:35). Diakhir ayat ini terlihat Allah menyatakan kata “beruntung” bagi hambanya yang suka
mendekatkan diri kepadanya. Nach.. kalau bicara tentang beruntung tentu ini adalah rejeki bagi kita. Dan satu hal yang perlu kita ingat bahwa rejeki itu bukan hanya bentuknya materi atau uang belaka. Tetapi lebih dalam dari itu, segala sesuatu yang diberikan kepada kita yang berdampak kebaikan kepada kehidupan kita didunia dan diakhirat adalah rejeki. Dan puncak dari segala rejeki itu adalah kedekatan kepada Allah swt dan tentu kalau berbicara ganjaran yaitu kenikmatan puncak yang paling akhir adalah syurga. Oleh karena itu para ulama mengajarkan kita untuk berdo’a tentang rejeki ketika selesai shalat dhuha. Jadi salah satu fadilah (keutamaan) dari shalat dhuha itu adalah sarana jalan untuk memohon limpahan rejeki dari Allah swt.

Disamping itu shalat dhuha ini juga dapat mengantikan ketergadaian setiap anggota tubuh kita pada Allah, dimana kita wajib membayarnya sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Setiap pagi setiap persendian salah seorang diantara kalian harus (membayar) sadhaqah; maka setiap tasbih adalah sadhaqah, setiap tahmid adalah sadhaqah, setiap tahlil adalah sadhaqah, setiap takbir adalah sadhaqah, amar ma’ruf adalah sadhaqah, mencegah kemungkaran adalah sadhaqah, tetapi dua raka’at dhuha sudah mencukupi semua hal tersebut” (HR Muslim).

Tetapi yang lebih dalam dari itu lagi adalah shalat dhuha ini adalah salah amalan yang disukai Rasulullah saw beserta para sahabatnya (sunnah), sebagaimana anjuran beliau yang disampaikan oleh Abu Hurairah ra:
“Kekasihku Rasulullah saw telah berwasiat kepadaku dengan puasa tiga hari setiap bulan, dua raka’at dhuha dan witir sebelum tidur” (Bukhari, Muslim, Abu Dawud).
Kalaulah tidak khawatir jika ummatnya menganggap shalat dhuha ini wajib hukumnya maka Rasulullah saw akan tidak akan pernah meninggalkannya. Para orang alim, awliya dan ulama sangatlah menjaga shalat dhuhanya sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syafei’: Tidak ada alasan bagi seorang mukmin untuk
tidak melakukan shalat dhuha”. Hal ini sudah jelas dikarenakan oleh seorang mukmin sangat apik dan getol untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya”.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita sebagai seorang muslim yang mempunyai tujuan hidup untuk mendapatkan ridhoNya meninggalkan shalat dhuha karena kesibukan duniawi kita kecuali karena kelalaian dan kebodohan kita sendiri.

Rusyida Rizki Nurwandini X6-33

biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios ("hidup") dan λόγος,logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu—sampai tahun 1970-an—digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya "ilmu kehidupan").

Obyek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya, dikenal berbagai cabang biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani, zoologi, dan mikrobiologi. Berbagai aspek kehidupan dikaji. Ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi, sedang fungsinya dalam fisiologi; Perilaku dipelajari dalam etologi, baik pada masa sekarang dan masa lalu (dipelajari dalam biologi evolusioner dan paleobiologi); Bagaimana makhluk hidup tercipta dipelajari dalam evolusi; Interaksi antarsesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi; Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam upaya menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.

Saat ini bahkan berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi, yaitu astrobiologi. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.

Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19, dengan ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik pokok. Biologi kiani meruapakan subyek pelajaran sekolah dan universitas dai seluruh dunia, dengan lebih dari jutaan makalah dibuat setial tahun dalam susunan luas jurnal biologi dan kedokteran.


Rusyida Rizki Nurwandini x6-33

BIOLOGI DALAM AL- QUR’ AN

Bagian Otak yang Mengendalikan Gerak Kita

"Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka." (Al Qur'an, 96:15-16)

Ungkapan "ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka" dalam ayat di atas sungguh menarik. Penelitian yang dilakukan di tahun-tahun belakangan mengungkapkan bahwa bagian prefrontal, yang bertugas mengatur fungsi-fungsi khusus otak, terletak pada bagian depan tulang tengkorak. Para ilmuwan hanya mampu menemukan fungsi bagian ini selama kurun waktu 60 tahun terakhir, sedangkan Al Qur'an telah menyebutkannya 1400 tahun lalu. Jika kita lihat bagian dalam tulang tengkorak, di bagian depan kepala, akan kita temukan daerah frontal cerebrum (otak besar). Buku berjudul Essentials of Anatomy and Physiology, yang berisi temuan-temuan terakhir hasil penelitian tentang fungsi bagian ini, menyatakan:

Dorongan dan hasrat untuk merencanakan dan memulai gerakan terjadi di bagian depan lobi frontal, dan bagian prefrontal. Buku tersebut juga mengatakan:

Berkaitan dengan keterlibatannya dalam membangkitkan dorongan, daerah prefrontal juga diyakini sebagai pusat fungsional bagi perilaku menyerang. Jadi, daerah cerebrum ini juga bertugas merencanakan, memberi dorongan, dan memulai perilaku baik dan buruk, dan bertanggung jawab atas perkataan benar dan dusta.

Jelas bahwa ungkapan "ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka" benar-benar merujuk pada penjelasan di atas. Fakta yang hanya dapat diketahui para ilmuwan selama 60 tahun terakhir ini, telah dinyatakan Allah dalam Al Qur'an sejak dulu.

Segumpal Darah Yang Melekat di Rahim

Pada tahap awal perkembangannya, bayi dalam rahim ibu berbentuk zigot, yang menempel pada rahim agar dapat menghisap sari-sari makanan dari darah ibu. Gambar di atas adalah zigot yang terlihat seperti sekerat daging. Informasi ini, yang ditemukan oleh embriologi modern, secara ajaib telah dinyatakan dalam Al Qur'an 14 abad yang lalu dengan menggunakan kata "'alaq", yang bermakna "sesuatu yang menempel pada suatu tempat" dan digunakan untuk menjelaskan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah.

Jika kita terus mempelajari fakta-fakta yang diberitakan dalam Al Qur'an mengenai pembentukan manusia, sekali lagi kita akan menjumpai keajaiban ilmiah yang sungguh penting.

Ketika sperma dari laki-laki bergabung dengan sel telur wanita, intisari bayi yang akan lahir terbentuk. Sel tunggal yang dikenal sebagai "zigot" dalam ilmu biologi ini akan segera berkembang biak dengan membelah diri hingga akhirnya menjadi "segumpal daging". Tentu saja hal ini hanya dapat dilihat oleh manusia dengan bantuan mikroskop.

Namun, zigot tersebut tidak melewatkan tahap pertumbuhannya begitu saja. Ia melekat pada dinding rahim seperti akar yang kokoh menancap di bumi dengan carangnya. Melalui hubungan semacam ini, zigot mampu mendapatkan zat-zat penting dari tubuh sang ibu bagi pertumbuhannya. Di sini, pada bagian ini, satu keajaiban penting dari Al Qur'an terungkap. Saat merujuk pada zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu, Allah menggunakan kata "'alaq" dalam Al Qur'an:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari 'alaq (segumpal darah). Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah." (Al Qur'an, 96:1-3)

Arti kata "'alaq" dalam bahasa Arab adalah "sesuatu yang menempel pada suatu tempat". Kata ini secara harfiah digunakan untuk menggambarkan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah.

Tentunya bukanlah suatu kebetulan bahwa sebuah kata yang demikian tepat digunakan untuk zigot yang sedang tumbuh dalam rahim ibu. Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa Al Qur'an merupakan wahyu dari Allah, Tuhan Semesta Alam.

Tiga Tahapan Bayi Dalam Rahim


Dalam ayat ke-6 surat Az Zumar, disebutkan bahwa manusia diciptakan dalam rahim ibu dalam tiga kegelapan. Embriologi modern telah mengungkap bahwa perkembangan ebriologi bayi terjadi pada tiga daerah yang berbeda dalam rahim ibu.

Dalam Al Qur'an dipaparkan bahwa manusia diciptakan melalui tiga tahapan dalam rahim ibunya.

"...Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (Al Qur'an, 39:6)

Sebagaimana yang akan dipahami, dalam ayat ini ditunjukkan bahwa seorang manusia diciptakan dalam tubuh ibunya dalam tiga tahapan yang berbeda. Sungguh, biologi modern telah mengungkap bahwa pembentukan embrio pada bayi terjadi dalam tiga tempat yang berbeda dalam rahim ibu. Sekarang, di semua buku pelajaran embriologi yang dipakai di berbagai fakultas kedokteran, hal ini dijadikan sebagai pengetahuan dasar. Misalnya, dalam buku Basic Human Embryology, sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi, fakta ini diuraikan sebagai berikut:

"Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik; dua setengah minggu pertama, embrionik; sampai akhir minggu ke delapan, dan janin; dari minggu ke delapan sampai kelahiran." Fase-fase ini mengacu pada tahap-tahap yang berbeda dari perkembangan seorang bayi. Ringkasnya, ciri-ciri tahap perkembangan bayi dalam rahim adalah sebagaimana berikut:

- Tahap Pre-embrionik

Pada tahap pertama, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel, dan terbentuklah segumpalan sel yang kemudian membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring pertumbuhan zigot yang semakin membesar, sel-sel penyusunnya pun mengatur diri mereka sendiri guna membentuk tiga lapisan.

- Tahap Embrionik

Tahap kedua ini berlangsung selama lima setengah minggu. Pada masa ini bayi disebut sebagai "embrio". Pada tahap ini, organ dan sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan- lapisan sel tersebut.

- Tahap fetus

Dimulai dari tahap ini dan seterusnya, bayi disebut sebagai "fetus". Tahap ini dimulai sejak kehamilan bulan kedelapan dan berakhir hingga masa kelahiran. Ciri khusus tahapan ini adalah terlihatnya fetus menyerupai manusia, dengan wajah, kedua tangan dan kakinya. Meskipun pada awalnya memiliki panjang 3 cm, kesemua organnya telah nampak. Tahap ini berlangsung selama kurang lebih 30 minggu, dan perkembangan berlanjut hingga minggu kelahiran.

Informasi mengenai perkembangan yang terjadi dalam rahim ibu, baru didapatkan setelah serangkaian pengamatan dengan menggunakan peralatan modern. Namun sebagaimana sejumlah fakta ilmiah lainnya, informasi-informasi ini disampaikan dalam ayat-ayat Al Qur'an dengan cara yang ajaib. Fakta bahwa informasi yang sedemikian rinci dan akurat diberikan dalam Al Qur'an pada saat orang memiliki sedikit sekali informasi di bidang kedokteran, merupakan bukti nyata bahwa Al Qur'an bukanlah ucapan manusia tetapi Firman Allah.

Bioteknologi versus Bioterorrisme

Pada abad 20 ini, banyak sekali pengembangan-pengembang teknologi yang memanfaatkan unsur - unsur biologi sebagai bahan penunjangnya. Hasilnya pun sungguh luar biasa. Sebagian dari hasil pengembangan itu untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, sebagiannya lagi digunakan untuk menyelamatkan makhluk hidup dari berbagai macam bahaya. Contohnya yaitu:

  1. Bidang Industri Berbasis Biologi

v Produk alkohol, kecap,roti,tape,yogurt,yakult dan nata decoco yang menggunakan teknologi fermentasi oleh mikroorganisme seperti jamur Saccharomyces cereviceae, Aspergillus wentii, Lactobacillus sp. dan Acetobacter xylinum.

v Produk makanan prebiotik dan probiotik yang berupa serat -serat tumbuhan dan meikroorganisme di dalam tubuh sehingga tubuh tetap sehat.


2. Bidang Profesi Manusia

v Produksi vaksin dan obat. Vaksin adalah bibit penyakit yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan antibodi. Obat adalah senyawa kimia yang dapat diperoleh dari tumbuhan atau hewan maupun mikroorganisme yang diolah untuk menyembuhkan penyakit. (kedokteran)

v Produk bibit unggul pertanian dan peternakan yang merupakan , hibridisasi, mutasi, kultur jaringan,maupun rekayasa genetika yang dapat memberi hasil yang lebih optimal (pertanian dan peternakan)

Diatas merupakan beberapa contoh pemanfaatan bioteknologi yang pemakaiannya benar dan tidak banyak membawa dampak negatif bagi kelangsungan makhluk hidup.

Tapi, namanya saja manusia, tidak luput dari kesalahan. Ada beberapa contoh pemanfaatan negatif dari perkembangan bioteknologi yang disebut bioterorisme, yaitu: penggunaan dengan sengaja virus, bakteri, jamur dan toksin dari makhluk hidup untuk mengancam / menimbulkan ketakutan, penyakit ataupun kematian pada makhluk hidup lain. Berikut ini jabarannya..

  1. Jenis-jenis bahan biologi yang dapa digunakan sebagai senjata bioterorisme:
    1. bakteri
    2. virus
    3. toksin
    4. jamur
  1. Cara penyerangannya :

a. Dengan cara menebarkan isu-isu menakutkan dari 1 mulut ke mulut lain.

b. Dengan cara menyemprotkan gas beracun agar saluran pernafasan terganggu

c. Menggunakan makanan untuk mengganggu fungsi saluran pencernaan

d. Melalui goresan luka, dengan segaja menggoreskan benda tajam yang sebelunya telah diberi racun

e. Gigitan serangga, menebarkan serangga penggigit yang beracun

  1. Alasan penggunaan senjata bioterorisme:

a. relative tidak mahal

b. mudah diproduksi

c. dapat disebarkan dengan mudah

d. dapat disembunyikan

e. mudah dibawa kemana-mana

f. serta obatnya masih belum ada yang spesifik

Untuk memperjelas anda, saya berikan beberapa contoh kejadian dan peristiwa nyata yang sebelumnya pernah terjadi -bersangkut paut pada teror bioterorisme.

  • Bioterorisme telah dimulai pada abad 18 pada perang antara Perancis dan India, dimana selimut pasien penderita cacar digunakan sebagai senjata.

  • Pada Perang Dunia ke I, penggunaan senjata biologi lebih berkembang, dimana pada saat itu Jerman mulai mengembangkan anthrax, glander, kolera dan jamur putih sebagai senjata biologi.

  • Pada tahun 1942, Amerika Serikat juga mengadakan penelitian dengan anthrax dan botullinum sebagai senjata biologi, dan pada tahun 1951-1954 riset terhadap Baccilus globigii dan Serratia marcescens.

  • Pada tahun 1984, kelompok Sekte pengikut Bhagwan Shree Rajnessh menggunakan bakteri Salmonela untuk satu gerakan bunuh diri massal dengan menyuntikkan bakteri ini kepada 750 orang pengikutnya di Oregon Amerika Serikat

  • Paska peristiwa 11 September, yakni pada tanggal 5 Oktober 2001, kuman Antrax melanda Amerika Serikat, terutama di wilayah Florida, New Jersey, Washington DC dan NewYork melalui sistem pengiriman surat. Tercatat 17 kasus anthrax, 10 kasus paru, 7 kasus kulit, 4 kematian dan lebih dari 30.000 penduduk diberi profilaktik antibiotik (ciprofloxacin)

Menurut Jenkins dan Rubin (dalam Puver hal. 3) menyatakan bahwa, " secara teoritis, 1 ons toksin Botullinum cukup untuk membunuh 60.000.000 manusia." Dengan demikian, bioterorisme ini lebih menakutkan dari pada nuklir sekalipun. Sekian artikel saya, meski cukup singkat tapi saya harap manfaatnya tidak sesingkat tulisannya.

Wassalamualaikum wr.wb


Oleh : Prilia Tiara P.
Kls : X.6/28

Biologi dalam lingkungan spiritual

Robby rizky pp/x-6/32

Kita Bisa Kok Jadi Anak Jenius
Saturday, 02 August 2008

Asyiknya jadi anak pintar. Langganan ranking satu, masuk kelas akselerasi atau juara lomba sains. Eits, tapi siapa bilang kita enggak bisa seperti mereka. Bisa kok!

Kita biasa menyebut mereka genius. Anak-anak superpintar yang beruntung bisa masuk kelas akselerasi dan menghemat waktu sekolah. Uuuh, bikin iri. Eh, tapi, jangan asal panggil mereka anak genius. Dalam ilmu psikologi dan dunia pendidikan, mereka biasa dipanggil anak berbakat alias gifted child.

"Istilah genius terlalu berlebihan. Genius itu berarti dia berhasil menciptakan karya yang diakui oleh manusia, seperti Einstein," kata psikolog pendidikan, Dr Reni Akbar-Hawadi. Anak genius itu pasti anak berbakat, tetapi anak berbakat belum tentu termasuk genius, lanjut Bu Reni yang sudah mendalami psikologi anak berbakat sejak tahun 1982. Jadi, lebih aman kalau kita pakai istilah anak berbakat daripada genius. Karena genius itu cuma digunakan untuk mereka yang benar-benar luar biasa pintar dan inovatif. Pokoknya sudah canggih banget deh!

Siapa yang berbakat?

Lalu, apa sih yang bikin seseorang tergolong anak berbakat? Paling kelihatan, ya, dari IQ-nya. Taruhan deh, kita sering menilai seseorang pintar atau enggak dari IQ-nya, kan? Tapi, itu aturan lama! Zaman sekarang penilaian itu enggak cukup cuma dari IQ. Menurut Prof Joe Renzulli, psikolog pendidikan asal Amerika, seseorang dikatakan berbakat kalau mempunyai nilai di atas standar pada tiga macam karakteristik, yaitu kemampuan umum, komitmen tugas, dan kreativitas. Konsep dari Prof Renzulli inilah yang dipakai Kelompok Kerja Pendidikan Luar Biasa (KKPLB) untuk mendeteksi anak berbakat.

Kemampuan umum yang dimaksud di sini antara lain adalah daya tangkap, kemampuan numerik (matematika), dan wawasan kita. Ini akan langsung ketahuan dari nilai IQ kita. "Di Indonesia, nilai IQ minimum untuk masuk kelas akselerasi adalah 125," ujar Bu Reni. Selain IQ, ada dua kemampuan lain yang enggak kalah penting.

Komitmen tugas adalah perasaan senang saat kita sedang menyelesaikan suatu pekerjaan. Ini biasanya kelihatan dari perjuangan, kerja keras, dan keuletan kita. Pantang menyerah gitulah. "Di kelas akselerasi, aku enggak bisa nyantai. Aku harus sering belajar. Tapi, masuk kelas aksel kan keinginanku. Jadi, aku harus tanggung jawab," kata Alyssa yang akrab dipanggil Icha (12), siswi kelas II SMP Madania, yang ikut kelas akselerasi sewaktu SD.

Ada lagi ciri lain anak berbakat. Suka tantangan! Mereka juga mandiri dan enggak takut mengambil risiko. "Kriteria ini termasuk dalam aspek kreativitas," papar Bu Dosen pengarang buku Identifikasi Keberbakatan Intelektual terbitan tahun 2002.

"Di sekolah, Fisika adalah pelajaran yang paling ditakuti. Tapi, aku malah pengin mencoba sesuatu hal yang beda dan enggak disukai orang lain," ujar Thomas (17), siswa kelas II SMU 3 Bandung, anggota Tim Olimpiade Fisika Indonesia 2004.

"Aku lebih senang les biola daripada piano karena jarang banget ada anak kecil bisa main biola. Sementara yang bisa piano kan banyak," ujar Icha yang sejak kelas I SD sudah mengikuti les biola.

Ck-ck-ck… Jadi penasaran, gimana sih cara mereka belajar? "Anak berbakat sudah bisa mengatur sendiri tempo belajarnya. Mereka enggak perlu diingatkan lagi," kata Bu Reni. Adanya inisiatif dan kemandirian tinggi membuat mereka terampil mengatur jadwalnya tanpa harus dibantu orang lain. Wah, jadi malu nih. Soalnya, banyak di antara kita yang baru belajar kalau disuruh ortu.

"Aku biasa belajar setelah mandi sore sampai makan malam. Setelah itu, belajar lagi. Enggak perlu diingetin lagi, ini kan sudah tanggung jawabku," kata Icha.

"Aku belajar keinginan sendiri saja. Sejak SMP, ortu enggak pernah nyuruh-nyuruh belajar. Biasa belajar malam hari. Ngantuk sih, tapi kalau lagi semangat, enggak terasa," cerita Thomas yang langganan ranking satu sejak SMP. Duh, hebat banget sih! Kayaknya hidup anak berbakat asyik banget! Eh, tapi, enggak juga lho.

Problem anak berbakat

"Semakin tinggi IQ seorang anak, ia akan semakin merasa beda," tutur Bu Reni. Anak berbakat punya kebutuhan berbeda dibandingkan dengan anak lain yang seusianya. Contoh, mereka cepat banget menangkap ilmu yang diajarin sehingga gampang kesal kalau menghadapi orang yang enggak sepintar dia. Kemampuan bahasa mereka yang biasanya di atas rata-rata juga sering membuat mereka mendominasi pembicaraan dan sulit mendengarkan orang lain.

Persoalan-persoalan yang dihadapi anak berbakat biasanya seputar dunia pergaulan. Kenapa ya? "Sebab, perkembangan pikiran mereka lebih maju dibandingkan dengan perkembangan emosi," jawab Bu Reni. Sering terjadi, anak berbakat justru dianggap aneh oleh orang lain. Anggapan ini muncul karena cara berpikir mereka yang terlalu kreatif. Mereka sering melontarkan ide-ide nyeleneh yang dianggap aneh bagi banyak orang.

Mereka juga sering diperlakukan berbeda oleh orang-orang di sekitarnya. "Aku paling bete kalau teman-teman pada becandain aku pakai label ’jago Fisika’. Aku enggak suka dibedain," keluh Thomas.

Hidup anak berbakat memang akan semakin susah kalau orang sekitarnya enggak bisa memahami dia. Di Indonesia sendiri, fasilitas untuk mereka masih belum memadai. "Fasilitas konseling dan pengarahan anak berbakat belum banyak ditemui. Apalagi pengetahuan masyarakat tentang mereka masih minim," ujar Bu Reni yang sedang berencana membuat klub anak berbakat.

Jadi anak berbakat

Sebenarnya dari mana datangnya anak berbakat? Ada dua faktor. Pertama, faktor keturunan dari keluarga. Nyokap-bokap yang pintar kemungkinan besar akan melahirkan anak yang pintar juga. Faktor kedua yang enggak kalah penting adalah lingkungan. Ini berjalan sepanjang kehidupan kita. Kita mendapatkannya dari pola asuh orangtua, teman-teman, dan benda-benda di sekitar kita. Kebanyakan anak berbakat dibesarkan dalam lingkungan yang mendukung potensinya.

"Anak berbakat akan semakin berkembang kalau orangtuanya mendukung kegiatan mereka. Misal, membebaskan mereka ikut les-les," ujar Bu Reni.

"Mama ngebebasin aku ikut les apa saja yang aku pengin," kata Icha yang sampai sekarang aktif les balet, biola, dan Bahasa Inggris.

Fasilitas di rumah juga ikut mendukung. Seperti yang dialami Thomas, "Waktu kecil, ortu langganan koran. Aku paling suka baca artikel-artikel tentang sains." Pengaruh faktor lingkungan yang dahsyat ini juga memberikan pencerahan buat kita. Bahwa sesungguhnya kita yang IQ-nya normal pun bisa maju seperti anak berbakat!

"Kalau menaikkan IQ memang sulit. Sebab, otak kita sudah punya kapasitas yang enggak bisa ditambah. Lebih baik kembangkan aspek komitmen tugas dan kreativitas!" ujar Bu Reni. Jadi, serius nih, kita bisa jadi anak berbakat? "Bukan bisa lagi!" kata Bu Reni tegas.

Tapi, tetap ada syarat utama. Minimal IQ kita 100. Ini adalah patokan IQ normal. Kalau syarat ini sudah terpenuhi, kita kembangkan kemampuan lain, yaitu kreativitas dan komitmen pada tugas. Keberhasilan malah lebih tergantung pada dua aspek ini lho! Enggak percaya?

"Lihat saja kisah orang sukses. Enggak ada yang ngomongin IQ. Mereka lebih menekankan kerja keras dan panjang akal," papar Bu Reni.

"Aku pernah gagal waktu masuk kelas akselerasi SMU karena IQ-ku cuma 116. Tapi, aku belajar keras buat membuktikan ke sekolah kalau bisa tetap lolos olimpiade fisika," curhat Thomas. Kerja kerasnya berbuah manis. Sekarang Thomas jadi satu-satunya perwakilan sekolah yang berhasil lolos dan tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia. Nah, ini jadi bukti sakti bahwa IQ bukan patokan mati!

Kerja keras, mandiri, pantang menyerah, kritis, kreatif, senang menyerap ilmu baru, dan berani ambil risiko adalah beberapa sifat penting yang harus dikembangkan supaya bisa sehebat anak berbakat. Jangan cuma gigit jari dan iri hati melihat mereka. Di dalam diri kita tersimpan potensi yang menunggu untuk dikembangkan. Sekarang pertanyaannya, apakah kita mau mengeluarkannya?
BAHAYA ASAP KNALPOT

oleh: Ferischa Chitra Violla/x-6/16

Abis baca baca dari sini Mengenai bahaya asap knalpot.Pernah ga merasa pusing pusing ,mual,ato sesak napas sa`at sedang berpergian menggunakan kendaraan bermotor dimana keadaan jalan sedang ramai oleh kendaraan *Terutama truk,dan bus* ??
penyebab kita merasakan itu adalah..

karena kandungan yang ada dari asap knalpot yang di keluarkan kendaraan bermotor *apalagi bus dan truk*.Di dalam asap buangan itu terdapat zat zat berbahaya

diantaranya :Karbon Monoksida(CO),timbal (Pb), NO dan Ozon (03).

karbon monoksida misalnya ,zat ini mempunyai daya ikat yang kuat terhadap hemoglobin.sehingga kadar oksigen yang terikat dalam darah menjadi minim .kalo oksigen kurang otomatis kita akan merasakan sesak napas,dan pusing-pusing.

sedangkan zat seperti timbal (Pb), NO dan Ozon (03) Jika melewati ambang batas 0.12 ppm (mikrogram per-kubik meter) mengganggu metabolisme tubuh.Satu mikrogramnya merusak sistem pencernaan dan pernapasan.Bahayanya lagi bisa menggangu tingkat kecerdasan (IQ) Anak.

Dan Untuk wanita bisa terserang mandul (endometriosis).

Nah Guys jadi bila berkendaraan biasakan memakai penutup mulut agar gas beracun itu tidak terhirup.

Bagi anak muda jangan terlalu sering sering nongkrong
di pinggir jalan yang banyak kendaraan lalu lalang ,kalo ga mau IQ nya jongkok :D
Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang Dan Dosa

oleh: Evan Satriya Pradikta



Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.
Tema: Spiritual
Judul: Rahasia Sholat Shubuh

oleh: Dewi Tri Anisa/x-6/10

RAHASIA SHOLAT SHUBUH

Dalam agama Islam ibadah yang utama adalah sholat. Sholat wajib terdiri dari 5 waktu yaitu: sholat shubuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya’. Tetapi sholat shubuh lain dari sholat wajib yang lainnya, sholat shubuh mempunyai banyak rahasia dan sejuta misteri didalamnya.

Sebelum sholat shubuh ada Qobliyah Shubuh yaitu sholat sunnah 2 rakaat. Nabi Muhammad SAW sangat mencintai perbuatan tersebut. Nabi bersabda: “Aku sungguh mencintai 2 rakat tersebut daripada seluruh dunia dan isinya.” (HR. muslim)

Keutamaan sholat shubuh adalah sebagai sebab masuk surga dan dijatuhkan dari siksa api neraka. Sholat shubuh begitu menakjubkan karena disaksikan oleh malaikat-malaikat ALLAH, (QS. 17:7). Sholat shubuh disebut juga Quranul Fajr karena bacaan sholat shubuh lebih panjang dari bacaan sholat yang lainnya.

Sholat shubuh mempunyai banyak keistimewaan selain sebagai jembatan masuk surga dan dihindarkan dari api neraka, menurut beberapa sumber refensi shahih ciri khas sholat shubuh adalah: dia dapat menyegarkan dan memperbarui keimanan, menghidupkan hati, melapangkan dada, membuat jiwa penuh dengan kebahagiaan serta menjadikan berat timbangan amal kebaikan.

Betapa mulianya bagi orang-orang yang yang menjalankan sholat dan taat kepada Allah.
Semoga kita menjadi orang-orang yang beriman dan selalu dalam lindungan Allah.
MENCARI RIDHO ALLAH

oleh: Rizky Novia Kusuma Wardani/x-6/31

Mencari ridho Allah adalah semata-mata hanya untuk mendapatkan keikhlasan dari Allah.
Berbagai macam cara dilakukan orang-orang untuk mencari ridho Allah. Ada dengan cara yang benar dan ada juga dengan cara yang salah.

Beberapa ulama mengatakan, makna serangan bunuh diri dengan memilah-milah motivasi yang melatar belakanginya. Dilakukan sebagai tindakan keputusan atau sebaliknya, semata-mata karena motivasi agama. Istilah serangan bunuh diri lebih sering dimaknai sebagai tindakan akibat keputusasaan, karena kegagalan. Sedangkan dalam pengertian fiqih, bunuh diri yang dilakukan untuk mendapatkan keridhaan Allah disebut dengan istisyhad, yaitu bentuk kepahlawanan yang didukung mayoritas ulama Islam sebagai bentuk jihad yang paling utama. Dengan demikian, bom istisyhad, adalah bom yang mengantarkannya kepada kematian fisabilillah.

Menurut psikolog, ada perbedaan besar antara bunuh diri dengan apa yang biasa dinamakan dengan amaliyah istisyhadiyah (aksi meraih syahid ). Perbedaan itu ada pada kenyataan, bahwa orang yang bunuh diri melihat kematian sebagai target dan keinginannya lepas dari penderitaan hidup. Sementara yang menjadi faktor pendorong pelaku aksi syahid, justru untuk mewujudkan kemuliaan hidup bagi orang selain dirinya. Pelaku aksi syahid juga melihat aksi yang mereka lakukan sebagai kesempatan satu-satunya untuk mengubah kondisi buruk yang dialami bangsanya.

Semoga kita bisa mendapatkan ridho Allah dengan cara yang benar yang tidak dibenci oleh Allah dan tidak merugikan orang lain.
Penghijauan Sekolah

oleh: Ratna Sari Listiani/x-6/30

Dewan Pendidikan Kabupaten Semarang Bekerjasama dengan BPDAS Pemalijratun Semarang Mencanangkan Penghijauan Sekolah
Wabup menanam pohon penghijauan
Wabup Hj Siti Ambar Fathonah melakukan penanaman bibit penghijauan di halaman belakang SMPN 3 Ungaran (Photo : ed)

UNGARAN-HUMAS : Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Semarang bekerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Pemali Jratun Departemen Kehutanan RI mempelopori gerakan penghijauan sekolah. Pelaksanaan gerakan ditandai dengan penanaman bibit tanaman secara simbolis oleh Wakil Bupati Hj Siti Ambar Fathonah di halaman belakang SMP Negeri 1 Ungaran, Kamis (3/5) siang.
Ketua DP Dr Ir Suminto MSc mengatakan gerakan penghijauan sekolah yang telah digagas lama ini merupakan bagian dari pembelajaran siswa peserta didik. Kepedulian akan kelestarian alam dan mencegah kerusakannya dianggap penting untuk diajarkan kepada siswa sejak dini. “Gerakan Penghijauan Sekolah dimulai di SMP Negeri 3 Ungaran yang menjadi awal kegiatan di Kabupaten Semarang bagian Utara,” jelas Suminto.

Dijelaskan, gerakan ini juga akan dilaksanakan di sekolah menengah di Getasan, Bawen, Ambarawa dan Jambu yang termasuk wilayah Kabupaten Semarang Bagian Selatan. Diharapkan, gerakan ini akan terus berkembang dan mendapat sambutan positip dari masyarakat. Suminto menegaskan lewat gerakan ini para siswa dapat belajar mengelola lingkungan terutama diseputaran sekolah. Bila hal itu berkembang baik, penyerapan air oleh tanah karena adanya tanaman pengikat akan lebih baik. Pada akhirnya, tidak hanya para siswa, masyarakat luas juga akan menikmati hasilnya.
Kepala Balai BPDAS Pemali Jratun
Ir. Jajat Jatnika Holil, MM Kepala BPDAS Pemalijratun Ditjen RLPS Dephut, Semarang

Soal pasokan bibit tanaman, Suminto mengatakan pihak BP DAS Pemali siap menyediakan berapapun kebutuhannya. “Kami siap menyediakan hingga 30 ribu batang bibit tanaman. Namun hal itu juga bergantung pada evaluasi bantuan awal yang telah diberikan,” kata Kepala BP DAS Pemali Jratun Dephut RI Ir. Jajat Jatnika Holil MM. Tahap pertama, diberikan bantuan 5 ribu bibit tanaman dari jenis kayu-kayuan dan buah-buahan. Jumlah itu lalu disebar ke beberapa sekolah untuk menghijaukan lingkungannya.


Ditambahkan Jajat, pihaknya sangat antusias mendukung gerakan penghijauan sekolah oleh DP dan jajaran pendidikan ini karena selaras dengan program Kecil Menanam Dewasa Menanen (KMDM) Dephut RI. Selain itu wilayah Kabupaten Semarang memiliki posisi strategis karena terletak di daerah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Garang. Kelestarian lingkungan wilayah ini mendapat prioritas perhatian karena menjadi kunci penjaga mutu lingkungan daerah bawah termasuk Kota Semarang. “Wilayah ini mirip fungsinya dengan Kota Bogor yang mempengaruhi kondisi lingkungan Kota Jakarta. Jika lingkungan disini rusak, Kota Semarang yang ada di bagian Hilir bisa terendam banjir,” jelasnya. Jajat juga berharap gerakan ini dapat terus meluas dan menjadi perintis yang diikuti daerah-daerah lain untuk mempertahankan mutu lingkungan yang baik.

PROTISTA

Ayu Putri P.
X-6/07

Kingdom protista adalah kelompok organisme yang memiliki struktur sel eukariotik, uniseluler maupun multiseluler dan tidak memiliki jaringan yang sebenarnya. Anggota protista ada yang menyerupai sifat – sifat jamur, hewan, maupun tumbuhan.

PROTISTA YANG MENYERUPAI JAMUR
Anggota protista ini adalah kelompok jamur lendir dan jamur air. Kesamaannya dengan jamur adalah memiliki struktur yang menghasilkan spora, heterotrof, parasit atau pengurai .

JAMUR AIR (OOMYCOTA)
Beberapa jamur air hidup di dalam jaringan yang mati pada tumbuhan. Beberapa jenis jamur air juga parasit pada organisme akuatik misalnya Saprolegnia. Saprolegnia hidup menempel pada tubuh ikan atau hewan air lainnya .
Jamur air dapat melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. Secara aseksual, jamur ini akan menghasilkan sporangium di ujung hifa. Di dalam sporangium akan dihasilkan spora – spora berflagel / zoospora. Ketika zoospora matang, zoospora akan keluar dari sporangium. Apabila zoospora jatuh di tempat yang sesuai, zoospora akan berkecambah dan tumbuh menjadi miselium baru .
Reproduksi secara seksual terjadi dengan penyatuan gamet jantan dan betina. Gamet jantan dihasilkan oleh anteridium dan gamet betina dihasilkan oleh oogonium. Penyatuan gamet ini akan menghasilkan zigot diploid yang berkembang menjadi spora berdinding tebal. Saat spora berkecambah akan dihasilkan spora baru.

JAMUR LENDIR (MYXOMYCOTA)
Seluruh jamur lendir menghasilkan sel – sel yang hidup bebas pada sebagian siklus hidupnya. Sel – sel yang hidup bebas ini disebut amoeboid karena memiliki bentuk seperti Amoeba. Seperti amoeba yang sesungguhnya, jamur lendir merupakan predator fagosit, karena jamur lendir dapat menelan bakteri, hama, spora, dan berbagai komponen organik.
Saat kondisi makanan jamur lendir kurang, sel – sel yang kelaparan bergabung membentuk massa yang berlendir. Massa berlendir ini berimigrasi ke lingkungan baru yang dapat mendukung pertumbuhannya. Pergerakan massa tsb dihasilkan dari gabugan kontraksi masing – masing sel tunggal.

PROTISTA YANG MENYERUPAI HEWAN
Protista yang menyerupai hewan ini lebih dikenal dengan istilah Protozoa, karena uniseluler, heterotrofik dan merupakan cikal bakal hewan yang lebih kompleks. Jenis protozoa yang sangat beragam tersebut dapat dibedakan menjadi 4 kelas berdasarkan alat geraknya, yaitu Rhizopoda, Cilliata, Flagellata dan Sporozoa.

RHIZOPODA / SARCODINA
Semua Protozoa yang tergolong kelas Rhizopoda bergerak dengan penjuluran sitoplasma selnya yang membentuk pseudopodia / kaki semu. Pseudopodia berfungsi sebagai alat gerak dan memangsa makanan.
Bentuk sel Rhizopoda berubah – ubah saat diam dan bergerak. Sitoplasmanya terdiri dari ektoplasma dan endoplasma. Ektoplasma adalah plasma sel bagian luar yang berbatasan dengan membran plasma. Endoplasma adalah plasma sel pada bagian dalam sel. Pada proses makan, pseudopodia mengelilingi makanan dan membentuk vakuola makanan. Di dalam vakuola makanan, makanan dicerna. Zat makanan hasil cernaan dalam vakuola makanan masuk ke dalam sitoplasma secara difusi. Sedangkan sisa makanan dikeluarkan dari vakuola ke luar sel melalui membran plasma.
Rhizopoda berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan biner. Pada kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan, misalnya kekeringan, Rhizopoda tertentu dapat beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya dengan membentuk kista, contohnya adalah Amoeba.
Rhizopoda umumnya hidup bebas di tanah yang lembab(contohnya : Amoeba proteus) dan di lingkungan yang berair, baik di darat maupun laut. Rhizopoda bersifat heterotrof dengan memangsa alga uniseluler, bakteri atau protozoa lain. Entamoeba gingivalis merupakan parasit pada gusi dan gigi manusia.

CILLIATA
Cilliata bergerak dengan menggunakan silia / rambut getar yang terdapat pada seluruh permukaan tubuh. Cilliata juga disebut dengan infusoria karena hewan ini ditemukan juga pada air buangan / air cucuran. Selain berfungsi untuk bergerak, silia juga merupakan alat bantu untuk makan. Cilliata memiliki 2 inti yaitu makronukleus da mikronukleus. Makronukleus memiliki fungsi vegetatif, yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangbiakkan. Mikronukleus memiliki fungsi reproduktif, yaitu pada konjugasi. Cilliata juga memiliki trikokis yang fungsinya untuk pertahanan diri dari musuh.
Cilliata hidup bebas di lingkungan berair, baik air tawar maupun laut. Cilliata yang hidup di alam contohnya adalah Paramaecium caudatum, Didinium, Stentor, Balantidium, dan Vorticella.
Cilliata melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual, yaitu dengan pembelahan biner membujur. Reproduksi secara seksual dilakukan dengan konjugasi.

FLAGELLATA
Flagellata bergerak dengan menggunakan bulu cambuk / flagelum. Sebagian besar Flagellata memiliki 2 flagelum. Letak flagelum ada yang di belakang sel sehingga saat bergerak seperti mendorong sel. Letak flagelum juga ada yang didepan sel sehingga saat bergerak seperti menarik sel.
Flagellata berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan biner membujur, misalnya pada Trypanosoma. Flagellata ada yang hidup bebas di lingkungan berair, baik air tawar maupun laut, hidup bersimbiosis, atau parasit dalam tubuh hewan. Flagellata yang hidup parasit anatara lain Trypanosoma brucei (penyebab penyakit tidur pada manusia di Afrika).

SPOROZOA
Sporozoa adalah kelompok protista uniseluler yang pada salah satu tahapan dalam siklus hidupnya memiliki bentuk seperti spora. Sporozoa tidak memiliki alat gerak. Seluruh jenis sporozoa hidup sebagai parasit pada hewan / manusia.
Sporozoa bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembelahan biner. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet dan dilanjutkan dengan penyatuan gamet jantan dan gamet betina.
Contoh sporozoa adalah Toxoplasma gondii yang menyebabkan penyakit toksoplasmosis dan plasmodium yang menyebabkan penyakit malaria pada manusia. Ada 4 jenis plasmodium yang dapat menyebabkan penyakit malaria, yaitu Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, Plasmodium malariae(penyebab penyakit malaria kuartana), dan Plasmodium falciparum(penyebab penyakit malaria tropikana). Plasmodium vivax dan Plasmodium ovale menyebabkan penyakit malaria tertiana.
Pemberantasan penyakit malaria dapat dilakukan dengan memotong siklus hidup Plasmodium, yaitu dengan cara mencegah adanya genangan air / menutup tempat penampungan air. Cara lainnya adalah dengan memberi obat(misalnya obat kina) kepada si penderita. Siklus hidup Plasmodium terbagi menjadi 2, yaitu di dalam tubuh nyamuk Anopheles betina dan di dalam tubuh manusia.

PERAN PROTOZOA dalam KEHIDUPAN MANUSIA
Protozoa yang menguntungkan bagi manusia adalah :
1.Foraminifera, cangkang / kerangkanya merupakan petunjuk dalam pencarian sumber daya minyak, gas alam dan mineral.
2.Radiolarian. Kerangkanya jika mengendap di dasar laut menjadi tanah radiolarian yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
Protozoa yang merugikan manusia adalah :
1.Entamoeba histolytica, penyebab penyakit disentri.
2.Trypanosoma brucei, penyebab penyakit tidur di Afrika.
3.Trypanosome evansi, penyebab penyakit pada hewan ternak, misalnya kambing, sapi dan kuda.
4.Leishmania, penyebab penyakit kala-azar
5.Trichomonas vaginalis, parasit pada alat kelamin wanita dan saluran kelamin pria.
6.Balantidium coli, penyebab diare
7.Toxoplasma gondii, penyebab toksoplasmosis.
8.Plasmodium, penyebab penyakit malaria.

PROTISTA YANG MENYERUPAI TUMBUHAN
Protista yang menyerupai tumbuhan adalah ganggang yang disebut juga alga. Ganggang adalah istilah yang pernah digunakan untuk menyebutkan segala tumbuhan air sederhana. Sebagian ahli biologi mengklasifikasikan ganggang berdasarkan pigmen dominan, komponen penyusun dinding sel, jumlah dan posisi flagelum, serta bentuk cadangan makanan. Klasifikasi tersebut, yaitu Euglenophyta, Chrysophyta, Pyrrophyta, Chlorophyta, Phaeophyta, dan Rhodophyta.

EUGLENOPHYTA
Euglenophyta memiliki bintik mata berbentuk piringan yang berisi fotoreseptor yang ditutupi oleh lapisan pigmen merah / fikobilin. Euglenophyta merupakan organisme uniseluler yang tidak memiliki dinding sel. Namun, sel euglenoid dibungkus oleh suatu protein yang disebut pelikel yang bersifat lentur sehingga memungkinkan perubahan bentuk sel. Euglenoid merupakan organisme fotosintetik dan ada juga yang bersifat heterotrof. Euglenoid yang berfotosintetis memiliki kloroplas yang mengandung klorofil a dan b, serta karoten.
Umumnya euglenoid memiliki 2 flagelum. 1 flagelum panjang dan 1 flagelum pendek. Flagelum panjang berfungsi untuk pergerakan. Euglenoid hidup di perairan tawar, misalnya di kolam / danau. Reproduksi dilakukan secara aseksual dengan cara pembelahan biner. Contoh euglenoid adalah Euglena.

CHRYSOPHYTA
Chrysophyta memiliki pigmen dominan karoten berupa santofil. Pigmen lainnya adalah fukosantin, klorofil a dan c. bentuk tubuh Chrysophyta ada yang uniseluler soliter (misalnya Ochromonas) / berkoloni tidak berflagelum, dan ada yang multiseluler (misalnya Vaucheria). Dinding sel Chrysophyta mengandung hemiselulosa, silica, dan pektin. Cadangan makanan pada Chrysophta berupa lemak dan karbohidrat.
Chrysophyta sebagian besar hidup di air tawar meskipun ada yang di laut. Reproduksi dilakukan secara aseksual dengan pembelahan biner pada ganggang uniseluler. Dan pembentukan spora pada ganggang uniseluler dan ganggang multiseluler. Reproduksi seksual melalui penyatuan 2 jenis gamet. Contoh Chrysophyta adalah Navicula, Synura dan Mischococcus.

PYRROPHYTA
Istilah Pyyrophyta muncul karena beberapa alasan. Pertama, beberapa spesies Pyrrophyta mampu berpendar sehingga laut tampak bercahaya di malam hari. Kedua, beberapa spesies Pyrrophyta pada musim tertentu dapat melimpah jumlahnya sehingga menyebabkan red tite di pinggir pantai. Sebenarnya Pyrrophyta memiliki warna yang beraneka ragam, ada yang berwarna kuning-kehijauan, hijau, biru, cokelat, atau merah, bergantung pada pigmen dominan yang dimilikinya. Secara umum pigmen pada Pyrrophyta yaitu klrofil a dan c, santofil, dinosantin, dan fikobilin.
Pyrrophyta merupakan organisme uniseluler yang bersifat fotosintetik. Namun, ada spesies Pyrrophyta tertentu yang pada tahap tertentu dalam siklus hidupnya bersifat parasit. Memiliki dinding sel dengan lempeng-lempeng selulosa, dan beralur membujur dan melintang. Pyrrophyta umumnya memiliki 2 flagelum yang terletak di samping / di ujung sel nya. Pyrrophyta hanya hidup di laut dan dikenal sebagai produsen utama fitoplankton laut. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Contoh Pyrrophyta adalah Gymnodinium breve, Gamberdiscus toxicus, Gonyaulax, dan Nocticula scintillans.

CHLOROPHYTA
Chlorophyta memiliki pigmen dominan berupa klorofil dengan jenis klorofi a dan b,serta karoten. Chlorophyta ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler. Chlorophyta uniseluler ada yang memiliki flagelum sehingga dapat bergerak. Memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa dengan cadangan makanan berupa amilum. Sebagian besar Chlorophyta hidup di air tawar, misalnya kolam dan genangan air, serta di tempat-tempat lembab. Jenis ganggang lainnya hidup di laut dangkal, contohnya ulva.
Chlorophyta berkembang biak secara aseksual dengan membelah diri, pembentukan spora dan fragmentasi. Secara seksual dengan isogami, anisogami, atau oogami. Contoh Chlorophyta adalah Chlorella, Chorococcum, Chlamydomonas, Volvox, Gonium, Hydrodictyon, dan Ulothrix.

PHAEOPHYTA
Phaeophyta merupakan ganggang laut yang memiliki jenis pigmen dominan karoten, yaitu fukosantin yang memberi warna cokelat sehingga menutupi pigmen klorofil a,c dan santofil. Sebagian besar adalah multiseluler dengan bentuk berupa benang / talus. Dinding sel Phaeophyta ada yang mengandung pektin dan algin. Cadangan makanan disimpan dalam bentuk laminarin, yaitu sejenis glukosa / dalam bentuk lemak.
Phaeophyta hampir semuanya hidup di laut, daerah sekitar pantai / daerah pasang surut. Phaeophyta ada yang mengapung dan ada yang melekat pada karang / batuan. Reproduksi secara aseksual melalui fragmentasi pada ganggang berbentuk benang dan talus, serta zoozpora pada ganggang berbentuk talus. Reproduksi seksual melalui isogami, anisogami, dan oogami. Contohnya adalah Sargassum, Laminaria, Turbinaria, dan Fucus vesiculosus.

RHODOPHYTA
Rhodophyta mengandung pigmen dominan fikobilin jenis fikoeritrin, juga memiliki klorofil a, d, karoten, dan fikosianin sehingga Rhodophyta ada yang berwarna ungu merah kehitaman. Sebagian besar Rhodophyta multiseluler, berbenruk benang. Dinding sel mengandung selulosa dan pektin. Cadangan makanannya berupa tepung florid. Rhodophyta hidup di laut dalam. Rhodophyta berkembang biak secara aseksual dengan spora, sedangkan secara seksual dengan oogami. Contohnya adalah Euchema spinosum, Gelidium robustum, dan Chondrus crispus.

Manfaat ganggang bagi manusia adalah :
1.Chlorella, sebagai sumber makanan suplemen bergizi tinggi.
2.Ulva, Caulerpa, dan Enteromorpha, sebagai sumber makanan bagi sayur.
3.Euchema dan Gelidium, sebagai penghasil gelatin untuk pembuatan agar-agar
4.Laminaria lavaniea, sebagai pupuk pertanian dan makanan ternak di daerah pesisir
5.Laminaria digitalis, sebagai penghasil yodium untuk obat penyakit gondok

Perubahan Lingkungan

Oleh : Mariska F.T. ( X6 / 23 )

Perubahan lingkungan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Perubahan yang terjadi pada lingkungan hidup manusia menyebabkan adanya gangguan terhadap keseimbangan karena sebagian dari komponen lingkungan menjadi berkurang fungsinya. Perubahan lingkungan dapat terjadi karena campur tangan manusia dan dapat pula karena faktor alami. Dampak dari perubahannya belum tentu sama, namun akhirnya manusia juga yang mesti memikul serta mengatasinya.

1. Perubahan Lingkungan karena Campur Tangan Manusia
Perubahan lingkungan karena campur tangan manusia contohnya penebangan hutan, pembangunan pemukiman, dan penerapan intensifikasi pertanian.
Penebangan hutan yang liar mengurangi fungsi hutan sebagai penahan air. Akibatnya, daya dukung hutan menjadi berkurang. Selain itu, penggundulan hutan dapat menyebabkan terjadi banjir dan erosi. Akibat lain adalah munculnya harimau, babi hutan, dan ular di tengah pemukiman manusia karena semakin sempitnya habitat hewan-hewan tersebut

Pembangungan pemukiman pada daerah-daerah yang subur merupakan salah satu tuntutan kebutuhan akan pagan. Semakin padat populasi manusia, lahan yang semula produktif menjadi tidak atau kurang produktif.
Pembangunan jalan kampung dan desa dengan cara betonisasi mengakibatkan air sulit meresap ke dalam tanah. Sebagai akibatnya, bila hujan lebat memudahkan terjadinya banjir. Selain itu, tumbuhan di sekitamya menjadi kekurangan air sehingga tumbuhan tidak efektif melakukan fotosintesis. Akibat lebih lanjut, kita merasakan panas akibat tumbuhan tidak secara optimal memanfaatkan CO2, peran tumbuhan sebagai produsen terhambat.

Penerapan intensifikasi pertanian dengan cara panca usaha tani, di satu sisi meningkatkan produksi, sedangkan di sisi lain bersifat merugikan. Misalnya, penggunaan pupuk dan pestisida dapat menyebabkan pencemaran. Contoh lain pemilihan bibit unggul sehingga dalam satu kawasan lahan hanya ditanami satu macam tanaman, disebut pertanian tipe monokultur, dapat mengurangi keanekaragaman sehingga keseimbangan ekosistem sulit untuk diperoleh. Ekosistem dalam keadaan tidak stabil. Dampak yang lain akibat penerapan tipe ini adalah terjadinya ledakan hama.

2. Perubahan Lingkungan karena Faktor Alam
Perubahan lingkungan secara alami disebabkan oleh bencana alam. Bencana alam seperti kebakaran hutan di musim kemarau menyebabkan kerusakan dan matinya organisme di hutan tersebut.

Perubahan lingkungan karena faktor alam yang lainnya adalah banjir, dengan adanya banjir dapat memporak-porandakan suatu daerah. Misalnya pemukiman, air dapat mengubah suatu kawasan pertanian menjadi sebuah danau. Banjir dapat menghanyutkan banyak pecahan batuan sehingga batu-batuan tersebut berpindah tempat, selain itu banjir juga mengakibatkan banyak hewan yang mati atau berpindah ke tempat yang lain.

Gempa bumi juga merupakan salah satu perubahan lingkungan karena faktor alam,
Gempa bumi dapat mengakibatkan pohon-pohon tumbang dan beberapa organisme mati. Selain itu, gempa bumi juga dapat mengubah struktur tanah.

Gunung meletus dapat mengubah suatu lingkungan secara drastis. Bencana alam ini juga merupakan salah satu perubahan lingkungan karena faktor alam.
Lava dan lahar yang keluar dari gunung yang meletus dapat mematikan banyak tumbuhan dan hewan. Ada pula dampak positif dari bencana alam ini yaitu dengan terjadinya gunung meletus , banyak abu gunung yang jatuh ke tanah dan membentuk lapisan subur, lapisan ini dapat diolah menjadi pupuk dengan menambahkan unsur-unsur kimia yang diperlukan oleh tanaman.

Alam dan Manusia

Bumi telah terbentuk jutaan tahun yang lalu. Beragam teori para ilmuwan mencoba untuk mendefinisikan bagaimana awal bumi itu terbentuk. Tetapi sekarang mari kita sampingkan dulu sejenak berbagai teori ilmiah tersebut. Bila kita melihat dari Kitab Suci, Tuhanlah yang telah menciptakan bumi dan segala isinya menurut kehendakNya saat menjelajahi bumi yang belum terbentuk dalam rupa Roh Kudus selama 6 hari ( Kej. 1 – 2 ). Pada awalnya, Tuhan menciptakan terang, gelap, cakrawala, laut, daratan, serta segala tunas tumbuhan dan hewan yang hidup di bumi. Tuhan merasa sangat puas atas segala penciptaan yang dibuatNya sehingga Ia menciptakan manusia sebagai pihak yang akan menguasai seluruh ciptaanNya tadi ( Kej 1 : 21 – 31 ).

Setelah melihat inti bacaan Kitab Suci di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Tuhan menciptakan manusia dan alam sebagai kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Manusia membutuhkan alam sebagai sumber penghidupannya sedangkan alam membutuhkan manusia untuk merawat dan melestarikannya. Hubungan timbal balik ini haruslah berjalan dengan seimbang agar terjadi keharmonisan antara manusia dan alam serta Tuhan yang menciptakannya. Namun mari kita berkaca pada kehidupan kita hari ini. Adakah yang kita lihat selaras dengan keharmonisan? Atau adakah keseimbangan peran antara manusia dan alam berjalan dengan baik? Jawabannya tidak lagi. Kini manusia dengan segala ketamakannya berlomba – lomba untuk menguras habis kekayaan alam bumi ini. Setiap individu saling bunuh untuk bisa memenuhi hasrat duniawinya. Kini alam hanya menjadi objek pemenuh kebutuhan material semata dan tidak lagi dianggap sebagai ‘kawan’ yang juga perlu diperhatikan kebutuhannya.

Kini alam telah marah. Kini alam telah menampakkan kekuatan yang sebenarnya bahwa ia juga bisa membuat kita manusia menderita sama seperti kita yang telah memperlakukan alam dengan semena – mena. Berbagai macam bencana alam telah terjadi di mana – mana dan sebagian besar adalah akibat dari ulah manusia. Banjir, tanah longsor, hujan asam, pemanasan global dan lain – lainnya adalah respon yang diberikan alam kepada kita. Seharusnya kitapun sadar bahwa kini kita tidak lagi menjalankan peran yang diberikan Tuhan kepada kita.

Sudah saatnya kita berganti haluan dan kembali menyadari siapa dan apa peran kita manusia yang sebenarnya. Langkah pertama memang langkah terberat dari seluruh rangkaian proses perubahan tersebut. Tetapi marilah kita mencoba melakukannya dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu dan berlatih untuk membiasakannya. Hal paling pertama yang dapat kita lakukan bagi alam adalah mensyukurinya, berterima kasih atas kehidupan yang telah alam berikan pada kita sampai detik ini. Mulai dari oksigen yang kita hirup, air yang menghilangkan dahaga kita, sinar matahari yang menyokong pengelihatan kita serta jutaan lainnya yang bahkan tidak kita sadari. Rasa syukur akan mendorong kecintaan kita pada alam itu sendiri. Setelah tumbuh rasa cinta terhadap alam segala sesuatunya akan menjadi mudah. Kita tidak lagi akan membuang sampah sembarangan, tidak akan menggunakan kendaraan pribadi karena dapat menyebabkan polusi yang lebih banyak, tidak menggunakan benda plastik yang tidak ramah lingkungan sehingga jika masih ada waktu kita akan kembali bersahabat dengan alam. Tetapi bagaimana jika tidak ada waktu lagi? Bagaimana jika alam atau Tuhan memutuskan untuk melenyapkan kita dari muka bumi ini? Jawabannya lakukan sekarang juga. Carilah segala cara untuk bisa segera memahami peran besar yang telah Tuhan berikan semenjak kita dilahirkan.


Oleh :

Fransisca Adelina

X6 / 17 - SMAN 9, Surabaya

LiMBAH (ayu anggitasari k. X.6-lima)

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

*.Karakteristik limbah:
1. Berukuran mikro
2. Dinamis
3. Berdampak luas (penyebarannya)
4. Berdampak jangka panjang (antar generasi)

*.Faktor yang mempengaruhi kualitas limbah adalah:
1. Volume limbah
2. Kandungan bahan pencemar
3. Frekuensi pembuangan limbah

*.Berdasarkan karakteristiknya, limbah industri dapat digolongkan menjadi 4 bagian:
1. Limbah cair
2. Limbah padat
3. Limbah gas dan partikel
4. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Untuk mengatasi limbah ini diperlukan pengolahan dan penanganan limbah. Pada dasarnya pengolahan limbah ini dapat dibedakan menjadi:
1. Pengolahan menurut tingkatan perlakuan
2. Pengolahan menurut karakteristik limbah


Indikasi Pencemaran Air
Indikasi pencemaran air dapat kita ketahui baik secara visual maupun pengujian.

1. Perubahan pH (tingkat keasaman / konsentrasi ion hidrogen) Air normal yang memenuhi syarat untuk suatu kehidupan memiliki pH netral dengan kisaran nilai 6.5 – 7.5. Air limbah industri yang belum terolah dan memiliki pH diluar nilai pH netral, akan mengubah pH air sungai dan dapat mengganggukehidupan organisme didalamnya. Hal ini akan semakin parahjika daya dukung lingkungan rendah serta debit air sungai rendah. Limbah dengan pH asam / rendah bersifat korosif terhadap logam.

2. Perubahan warna, bau dan rasa Air normak dan air bersih tidak akan berwarna, sehingga tampak bening / jernih. Bila kondisi air warnanya berubah maka hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa air telah tercemar. Timbulnya bau pada air lingkungan merupakan indikasi kuat bahwa air telah tercemar. Air yang bau dapat berasal darilimba industri atau dari hasil degradasioleh mikroba. Mikroba yang hidup dalam air akan mengubah organik menjadi bahan yang mudah menguap dan berbau sehingga mengubah rasa.

3. Timbulnya endapan, koloid dan bahan terlarut Endapan, koloid dan bahan terlarut berasal dari adanya limbah industri yang berbentuk padat. Limbah industri yang berbentuk padat, bila tidak larut sempurna akan mengendapdidsar sungai, dan yang larut sebagian akan menjadi koloid dan akan menghalangibahan-bahan organik yang sulit diukur melalui uji BOD karena sulit didegradasi melalui reaksi biokimia, namun dapat diukur menjadi uji COD. Adapun komponen pencemaran air pada umumnya terdiri dari :
- Bahan buangan padat
- Bahan buangan organik
- Bahan buangan anorganik


Pertumbuhan Penduduk: Ancaman Terbesar Masalah Lingkungan

oleh :DINI SURYA ARIANI
NO ABSEN :12


Populasi manusia adalah ancaman terbesar dari masalah lingkungan hidup di Indonesia dan bahkan dunia. Setiap orang memerlukan energi, lahan dan sumber daya yang besar untuk bertahan hidup. Kalau populasi bisa bertahan pada taraf yang ideal, maka keseimbangan antara lingkungan dan regenerasi populasi dapat tercapai. Tetapi kenyataannya adalah populasi bertumbuh lebih cepat dari kemampuan bumi dan lingkungan kita untuk memperbaiki sumber daya yang ada sehingga pada akhirnya kemampuan bumi akan terlampaui dan berimbas pada kualitas hidup manusia yang rendah.

Antara 1960 dan 1999, populasi bumi berlipat ganda dari 3 milyar menjadi 6 milyar orang. Pada tahun 2000 populasi sudah menjadi 6.1 milyar. PBB memprediksi bahwa populasi dunia pada tahun 2050 akan mencapai antara 7.9 milyar sampai 10.9 milyar, tergantung ada apa yang kita lakukan sekarang. Dapatkah anda bayangkan berapa banyak bahan pangan, lahan untuk pertanian, lahan untuk perumahan, dan barang konsumsi lainnya yang dibutuhkan oleh penduduk yang begitu banyak?

Dengan tingginya laju pertumbuhan populasi, maka jumlah kebutuhan makanan pun meningkat padahal lahan yang ada sangat terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan makanan, maka hutan pun mulai dibabat habis untuk menambah jumlah lahan pertanian yang ujungnya juga makanan untuk manusia. Konversi hutan menjadi tanah pertanian bisa menyebabkan erosi. Selain itu bahan kimia yang dipakai sebagai pupuk juga menurunkan tingkat kesuburan tanah. Dengan adanya pembabatan hutan dan erosi, maka kemampuan tanah untuk menyerap air pun berkurang sehingga menambah resiko dan tingkat bahaya banjir.

Perkembangan urbanisasi di Indonesia perlu dicermati karena dengan adanya urbanisasi ini, kecepatan pertumbuhan perkotaan dan pedesaan menjadi semakin tinggi. Pada tahun 1990, persentase penduduk perkotaan baru mencapai 31 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Pada tahun 2000 angka tersebut berubah menjadi 42 persen. Diperkirakan pada tahun 2025 keadaan akan terbalik dimana 57 persen penduduk adalah perkotaan, dan 43 persen sisanya adalah rakyat yang tinggal di pedesaan. Dengan adanya sentralisasi pertumbuhan dan penduduk, maka polusi pun semakin terkonsentrasi di kota-kota besar sehingga udara pun semakin kotor dan tidak layak.

Kota-kota besar terutama Jakarta adalah sasaran dari pencari kerja dari pedesaan dimana dengan adanya modernisasi teknologi, rakyat pedesaan selalu dibombardir dengan kehidupan serba wah yang ada di kota besar sehingga semakin mendorong mereka meninggalkan kampungnya. Secara statistik, pada tahun 1961 Jakarta berpenduduk 2,9 juta jiwa dan melonjak menjadi 4,55 juta jiwa 10 tahun kemudian. Pada tahun 1980 bertambah menjadi 6,50 juta jiwa dan melonjak lagi menjadi 8,22 juta jiwa pada tahun 1990. Yang menarik, dalam 10 tahun antara 1990-2000 lalu, penduduk Jakarta hanya bertambah 125.373 jiwa sehingga menjadi 8,38 juta jiwa. Data tahun 2007 menyebutkan Jakarta memiliki jumlah penduduk 8,6 juta jiwa, tetapi diperkirakan rata-rata penduduk yang pergi ke Jakarta di siang hari adalah 6 hingga 7 juta orang atau hampir mendekati jumlah total penduduk Jakarta. Hal ini juga disebabkan karena lahan perumahan yang semakin sempit dan mahal di Jakarta sehingga banyak orang, walaupun bekerja di Jakarta, tinggal di daerah Jabotabek yang mengharuskan mereka menjadi komuter.

Pada akhirnya, pertumbuhan populasi yang tinggi akan mengakibatkan lingkaran setan yang tidak pernah habis. Populasi tinggi yang tidak dibarengi dengan lahan pangan dan energi yang cukup akan mengakibatkan ketidakseimbangan antara supply dan demand yang bisa menyebabkan harga menjadi mahal sehingga seperti yang sedang terjadi sekarang, inflasi semakin tinggi, harga bahan makanan semakin tinggi sehingga kemiskinan pun semakin banyak. Semakin menurunnya konsumsi masyarakat akan menyebabkan perusahaan merugi dan mem-PHK karyawannya sebagai langkah efisiensi, sehingga semakin banyak lagi kemiskinan.

Jadi, kita mudah saja bilang, kapan negara kita bisa swasembada? Apa bisa kalau masih mau punya banyak anak? Bagaimana dengan masa depan anak cucu kita kalau lahan sudah tidak tersedia, tanah rusak akibat bahan kimia, air tanah tercemar dan bahkan habis sehingga tidak bisa disedot lagi? Bagaimana kita mau menghemat makanan dan air kalau populasi terus berkembang gila-gilaan?

Populasi seperti hal yang besar dan politis yang diomongkan banyak orang. Tetapi hal ini juga merupakan hal yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Seperti yang telah kita lakukan dahulu dan berhasil, kita bisa Ikut program Keluarga Berencana (KB) atau paling tidak memiliki rencana KB sebagai komposisi keluarga yang ideal. Kalau tidak mau pusing soal KB, paling tidak pakai kondom dan jika anda malu untuk beli kondom di tempat publik maka sekarang sudah bisa beli lewat internet melalui kondomku.com sehingga tidak perlu malu lagi untuk membeli di toko.

Krisis pangan sudah dimulai di seluruh dunia. Harga semakin melejit dan pada akhirnya bukan karena kita tidak mampu membeli makanan, tetapi apakah makanan itu bisa tersedia. Kalau bukan kita yang bertindak dari sekarang, masa depan anak dan cucu kita bisa benar-benar hancur sehingga kita yang berpesta pora pada saat ini baru akan merasakan akibatnya nanti.

Radiasi Nuklir Sebenarnya Ramah Lingkungan

Oleh : Puji Dwika Pradana
Kelas : X-6
No.Absen : 29


Jika kita dapat berasumsi secara bebas dengan sebuah pertanyaan,"jumlah korban mana yang lebih banyak,apakah orang yang meninggal karena radiasi nuklir atau orang yang meninggal karena merokok?". Seandainya anda pakar kesehatan,pasti anda akan menjawab dengan penuh keyakinan bahwa orang yang meninggal karena merokok lebih banyak jumlahnya,dan hal tsb memang fakta. Tetapi dikarenakan media-media informasi seperti TV,surat kabar,ataupun internet lebih banyak menyuguhkan informasi negatif tentang nuklir,sehingga sering mempengaruhi opini masyarakat.


Bisa dibayangkan saja,jika kita disuguhkan berita tentang peristiwa Hiroshima dan Nagasaki ataupun peristiwa Tragedi Chernobyl yang merenggut nyawa ribuan orang.Tentu kita akan langsung mengatakan bahwa nuklir sangat berbahaya karena jumlah korbannya lebih banyak. Hal ini sangat jauh berbeda dengan korban merokok,tentu kita tidak pernah mendengar adanya korban massal akibat keracunan asap rokok. Yang sering ada mungkin korban akibat merokok,yang bahkan terkadang tidak kita sadari. Umumnya vonis akhir secara kesehatan bagi korban merokok ini adalah mengidap penyakit kanker. Deskripsi diatas adalah salah satu contoh bahawa radiasi alam lebih berbahaya dari radiasi nuklir. Kok bisa? Sebenarnya tanpa disadari oleh para perokok,bahwa selama mereka merokok,mereka telah terpapar salah satu gas radioaktif alam yaitu gas radon yang terdapat dalam daun tembakau tsb. Maka dari itu para perokok tsb akan dengan mudah terkena kanker paru-paru karena radiasi dari gas radon tsb dapat masuk ke dalam paru-paru.


Efek radiasi secara umum bagi tubuh manusia dapat dibagi dalam dua kelompok,yaitu :

1.Efek Stokastik

Efek Stokastik yaitu efek radiasi yang kemunculannya pada individu tidak bisa dipastikan.
Misalnya pada alat diagnosa gondok,penerimaan radiasi rendah ini diperbolehkan bukan hanya karena aman tapi juga menguntungkan.

2.Efek Deterministik

Efek Deterministik yaitu efek radiasi yang pasti muncul bila jaringan tubuh terkena paparan radiasi pengionan.
Misalnya pada para pekerja di reaktor nuklir,mereka lebih memiliki peluang terkena radiasi tsb daripada kita.


Dari penjelasan di atas,dapatlah kita ketahui bahwa nuklir bukanlah momok yang mengerikan bagi kita. Berbagai hal yang kita takutkan ternyata tidak seseram yang dibayangkan sebelumnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa teknologi nuklir adalah teknologi ramah lingkungan dan berbagai manfaat dapat kita peroleh dari nuklir tsb,asalkan penggunaannya dengan maksud baik dan bukan untuk hal-hal lainnya. Disini pemerintah dan masyarakat harus mencoba untuk memahami hal tsb secara lebih rinci lagi. Karena bisa jadi,perbedaan persepsi dan pertentangan opini tentang pengembangan nuklir dimana saja yang selama ini terjadi,dikarenakan kita tidak tahu dan terlalu trauma dengan tragedi nuklir yang pernah terjadi pada masa lalu. Secara tidak langsung,saya pribadi juga menjadi lebih mengerti. Sekian artikel yang bisa saya tulis. Terima Kasih.